Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENGALAMAN MENDAFTAR CPNS KEMENKUMHAM 2017 SIPIR (TES CAT)



         Tes CAT Kemenkumham Jateng diselenggarakan di Universitas Dian Nuswantoro Semarang kita sebut Udinus saja. Sebelum ke Udinus, semua peserta CAT di kumpulkan di kodim dekat Tugu Muda Semarang. Semua tas dititipkan ke tempat penitipan, cek kartu ujian kemudia pengecekan badan termasuk jimat jimat yang dibawa karena kabarnya banyak peserta CPNS yang ketahuan membawa berbagai macam bentuk jimat. Setelah itu aku menunggu lagi naik bus untuk di antar ke Udinus.

        Sesampainya di Udinus kita para peserta masih harus antre lagi untuk memasuki ruang tes. Kita duduk di tenda dan diberi pengarahan tentang ujian CAT.
Satu sesi ada sekitar 400-an orang yang sama sama berharap lolos di tahap ini. Sebelum masuk ke ruang ujian CAT, kita para peserta antre lagi untuk dibagi kelompok menjadi dua yaitu kode A dan Kode B

           Mengikuti tes CAT tidak mudah, karena ada berbagai macam kendala yang aku alami. Aku kebetulan mendapat kode B. Ketika tes CAT giliranku server down pada komputer kode B, otomatis ujian tertunda dan menunggu sampai servernya normal kembali. Nah saat itu sampai 2 jam menunggu server normal kembali. Padahal kode A sudah selesai duluan ketika aku mau mulai tes CAT. Jadi campur aduk rasanya, capek nunggu dan terganggu pikirannya karena seharusnya sudah bisa selesai bareng dengan kode B.
         Akhirnya ujian CAT aku hadapin, pertama kali rasanya ikut tes CAT rasanya deg degan & takut. ada 100 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 90 menit yang terdiri dari TWK, TKP dan TIU. Setelah semua soal selesai ternyata waktunya masih tersisa dan aku nggak berani untuk mengakhiri tes dan melihat hasilnya, jadi kutunggu samapai waktunya habis dengan sendirinya. Hasilnya pun keluar dan aku lolos passing grade CAT, di luar ruangan langsung terlihat rangkingku dan peserta lainnya. Aku dan peserta yang lolos passing grade langsung diajak foto bersama oleh panitia lalu naik bis lagi untuk kembali ke Kodim. Di kodim Ibu sudah menunggu lalu ku peluk karena aku lolos CAT.
         Saat pengumuman di web Kemenkumham namaku masuk lagi ke dalam daftar peserta yang lolos CAT dan melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan jumlah peserta 3x jumlah formasi yang diterima. Oh iya foto buku di atas adalah buku yang ku pelajari untuk mempersiapkan CAT. Dari buku itu lumayan banyak soal yang keluar. Setelah ini masih harus berjuang dengan tes tes selanjutnya.
     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar