Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CARA MENGURANGI RESIKO JATUH



1.      Tetap aktif
Menjaga tubuh agar tetap aktif merupakan cara paling sederhana untuk mengurangi resiko jatuh. Latihan fisik yang teratur dapat membantu mempertahankan kekuatan otot tubuh dan kaki selama proses penuaan terjadi. Penting bagi lansia untuk tetap aktif bergerak dan menghindari gaya hidup yang pasif. Olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan atau melakukan yoga, hindari olahraga yang terlalu berat bagi usia lanjut.

2.      Perhatikan gejala yang muncul
Sebelum terjatuh, biasanya para lansia akan memperlihatkan gejala ketidakseimbangan. Mengenali tanda-tanda berikut mungkin dapat membantu Anda menghindari resiko orang tua jatuh dan dirawat di rumah sakit karenanya:
·         Cara berjalan yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan saat berjalan di permukaan yang tidak rata dapat meningkatkan risiko jatuh .Dokter mungkin akan menyarankan fisioterapi atau penggunaan alat bantu  jalan.
·         Masalah perjalanan. Penglihatan yang menurun dapat menyebabkan lansia suit melihat benda-benda yang menghalangi jalan. Gangguan pengihatan juga dapat mempengaruhi keseimbangan. Pperiksakan mata satu tahun sekali untuk mengetahui apakah ada masalah penglihatan yang perlu ditangani.
·         Efek samping obat. Obat-obatan yang diminum dapat memeberikan efek samping yang mempengaruhi keseimbangan, contohnya Obat darah tinggi, diuretik, dan antihistamin. Obat-obatan tersebut dapat menyebabkan pusing atau kehilangan keseimbangan. Selalu perhatikan dan diskusikan obat-obatan yang anda minum dengan dokter.
3.      Ciptakan rumah yang aman
Kunci dari keamanan tinggal dirumah saat usia sudah memasuk usia lanjut adalah beradaptasi dan mengenali lingkungan tempat tinggal sebaik mungkin. Banyak lansia yang menjadi takut dan menyingkirkan barang-barang dirumahnya untuk menciptakan ruang gerak yang lebih luas, namun hal ini justru dapat menambah risiko jatuh.Memodifikasi rumah anda yang biasa menjadi tempat yang rawan untuk jatuh :
·         Kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat yang beresiko.Saat mandi, kita mungkin harus melakukan gerakan-gerakan yang dapat mengganggu keseimbangan.Anda dapat menambah kursi untuk duduk selama mandi dan pegangan tangan di kamar mandi.
·         Lantai yang tidak rata. Lantai dan karpet yang tidak rata dapat menimbulkan masalah keseimbangan. Menyingkirkan karpet dan memperbaiki lantai yang rusak akan mengurangi risiko jatuh.
·         Dapur. Bekerja di dapur memerlukan banyak posisi dan manuver. Menata ulang dapur agar tidak menggangu gerakan anda akan sangat membantu.
·         Ruangan dengan penerangan buruk. Kemampuan melihat di ruangan gelap akan semakin menurun seiring dengan berjalannya waktu. Menambah sumber penerangan mungkin dapat mengurangi risiko jatuh.
·         Tangga. Menambah pegangan pada tangga mungkin dapat meningkatkan keamanan dan rasa percaya diri.
4.      Laporlah jika terjatuh
Banyak lansia lansia berpikir bahwa dengan melaporkan bahwa mereka terjatuh, mereka dapat kehilangan kemandirian mereka. Akan tetapi,perlu diingat, dengan tidak melaporkan bahwa anda terjatuh, makan anda tidak dapat ditangani sedini mungkin oleh dokter. Selain itu, potensi anda untuk terjatuh lagi akan semakin meningkat. Berkonsultasi dengan dokter dapat membantu anda untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk menjalani hidup anda seoptimal mungkin.
Sumber https://www.mutupelayanankesehatan.net/index.php/component/content/article/19-headline/532

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar